SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Tuesday, December 22, 2015

Peranan Teknologi dan informasi



Konsep Teknologi Informasi & Komunikasi merupakan gabungan dari dua konsep yaitu

Information Technology dan Communication Technology (ICT). Libbele berpendapat (2004,1)
ICT means all equipment, process, procedure and system used to provide and support
information system (both computerized and manual) within in organization”. TIK adalah teknologi
untuk menangkap, menginterpretasi, menyimpan, dan menyampaikan atau mentransmisikan
informasi.



Siahaan (2010) mengatakan bahwa TIK selalu terdiri dari hardware dan software.

Hardware atau perangkat keras adalah segala sesuatu peralatan teknologi yang berupa fisik. Ciri
yang paling mudah untuk menentukannya adalah terlihat dan dapat disentuh. Sedangkan software
atau perangkat lunak adalah sistem yang dapat menjalankan atau berjalan dalam perangkat keras

tersebut. Software dapat berupa operating system (OS), aplikasi ataupun konten.



Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak

langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Sehingga
Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berperan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan sehari-hari teknologi informasi dan komunikasi banyak memegang
peranan penting dalam kehidupan manusia. Hampir tidak ada sisi kehidupan manusia yang tidak
banyak terjamah oleh teknologi informasi dan komunikasi. Di zaman sekarang ini pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi menjadi indikator modern atau tidaknya suatu peradaban.



Keuntungan penggunaan TIK antara lain :

1. Memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh Informasi
2. Membuka peluang Bisnis Baru
3. Mendorong timbulnya Proses Demokrasi
4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Publik
5. Meningkatkan Layanan Informasi Kesehatan Jarak Jauh (Telemedicine)
6. Memperbaiki Pendidikan Melalui e-Leaning
7. Mengembangkan Kemampuan dan Kesadaran Masyarakat
8. Memperkaya kebudayaan
9. Menunjang Pertanian
10. Menciptakan lapangan Kerja



Berikut ini peranan TIK dalam berbagai bidang:




a. Peranan TIK dalam bidang industri dan manufaktur




Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru

melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang
diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai
contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit
apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad)
semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah
desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi). Selain itu juga pemanfaatan robot yang
secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh
komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan
oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip
(microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan
untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh
komputer.



b. Peranan TIK dalam bidang kesehatan




Perkembangan teknologi di bidang kesehatan berimplikasi pada perkembangan jenis

penyakit dan banyaknya macam dan jenis obat. Ketersediaan informasi obat yang akurat,
benar dan up to date merupakan kebutuhan bagi penyedia layanan kesehatan maupun pasien

dan masyarakat. Selain itu, Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru
medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam
kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot
untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga
dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.



c. Peranan TIK dalam bidang militer




Kemajuan pesat teknologi informasi secara khusus diimplementasikan dalam konsep yang

disebut Perang Informasi (Information Warfare), yang menjadi landasan penting bagi
pengembangan doktrin militer di masa yang akan datang. Dengan demikian teknologi
informasi akan sangat berpengaruh terhadap bidang militer, dan dapat dilihat dari banyak sisi.
Teknologi Informasi dapat membantu menyediakan informasi potensial lebih cepat dan banyak
melalui rantai komando dan pengendalian untuk mempercepat pengambilan keputusan.
Teknologi Informasi memungkinkan pasukan mendapat informasi pada waktu dan tempat yang
tepat, sehingga akan mengurangi apa yang oleh Clausewitz disebut "kabut perang", dan juga
membuat pasukan menjadi lebih fleksibel.
Komputer juga dicipta untuk tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan
komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang modern dipasang dengan peralatan
komputer yang canggih untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan yang lebih
tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk
mengurangi biaya. Implementasi dari teknologi informasi secara umum adalah berupa konsep
Revolution in Military Affairs (RMA). RMA membahas konsep lingkup perang di masa yang
warfare. Sesuai asas manajemen, teknologi informasi membuat organisasi militer dapat sedikit
melonggarkan pengendalian. Teknologi Informasi memungkinkan kekuasaan pengambilan
keputusan diserahkan pada tingkat serendah mungkin.
Dalam pengertian integrasi sistem, Teknologi Informasi membuat kompleksitas pada
organisasi militer lebih berat dari pada sebelumnya. Kompleksitas ini dapat diatasi dengan
menggunakan peranti lunak yang dirancang untuk keperluan tersebut terutama perkembangan
pesat pada peranti lunak data base.


akan datang, yaitu precision strike, dominating maneuver, space warfare, dan information


d. Peran TIK dalam bidang pemerintahan




TIK dalam pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan pemanfaatan TIK

dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. TIK juga
dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan
lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah. Selain itu, TIK
dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan
komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.



Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:




1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7

hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari
kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.



2. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya

keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih
baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.



3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya

informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya.
Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing
grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua
untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.



4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Koordinasi pemerintahan dapat dilakukan

melalui e-mail atau bahkan video conference. Untuk Indonesia yang luas areanya sangat
besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah
dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi
semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam
saja.



Contoh-contohnya adalah:

1. Penyimpanan dan pembuatan data base penduduk
2. Pembuatan electronic KTP yang sekarang sedang digalakan



e. Peran TIK dalam bidang ekonomi

Peranannya adalah:
1. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
2. Meningkatkan akurasi dan kecepatan perhitungan
3. Menyediakan informasi ekonomi dan data-data statistic ekonomi dan keuangan yang up
to date



Semua bidang kehidupan saat ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan pengunaan

perangkat TIK, adapun contoh TIK dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut:



A. E-Banking




E-banking Artinya sangat luas yaitu aktivitas perbankan yang dijalankan melalui media

elektronik, seperti ATM juga termasuk di dalamnya. Internet banking juga dalam lingkup itu,
hanya saja lebih khusus dan diistilahkan internet banking. Sedangkan yang menggunakan

mobile device seperti via HP dikenal dengan m-banking, ya termasuk jenis e-banking juga.
Berikut beberapa aplikasi dan peranan dari e-Banking yang telah diterapkan bank-bank di
Indonesia sebagai berikut:



1. ATM, Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri.




2. Phone Banking, ini adalah aplikasi yang memungkinkan nasabah untuk melakukan

transaksi dengan bank via telepon.



3. Internet Banking, aplikasi e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi

via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat
dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa/produk bank, informasi saldo
rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan
telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain. Kelebihan dari aplikasi
ini adalah kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap
tertampang di layar komputer/PC atau PDA



4. SMS/m-Banking, aplikasi ini pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang

memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur transaksi yang
dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran
(a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), dan pembelian voucher. Untuk transaksi lainnya pada
dasarnya dapat pula dilakukan, namun tergantung pada akses yang dapat diberikan bank.



B. E-Commerce




Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga ecommerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui

sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Edagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis.



C. M- Dagang atau M-Commerce




M-dagang atau M-Commerce (Mobile-Commerce, mCommerce) adalah sistem

perdagangan elektronik (e-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile
seperti: telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain. Pada saat pengguna
komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya),
pengguna komputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan
menggunakan sistem m-dagang ini. Selain m-dagang, istilah lain yang sering dipakai adalah
m-bisnis (Mobile Business atau m-business).
Dasarnya, m-dagang adalah gabungan dari perdagangan elektronik (e-dagang) dengan mobile
computing. Bisa dikatakan bahwa m-dagang ini adalah e-dagang yang berada dalam
lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-dagang pada umumnya, penggunaan m-dagang bisa
ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, dan infrastruktur
lainnya. M-dagang membuka peluang untuk memberikan layanan baru bagi customer yang
telah ada, dan untuk menarik customer baru.



D. L-dagang atau L-Commerce




L-dagang atau L-Commerce (Location based-Commerce) adalah sistem perdagangan
elektronik (e-Commerce) yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh
peralatan GPS (Global Positioning Systems) dan satelit. Berbeda dengan m-dagang yang lebih

menekankan pada aspek pemakaian peralatan mobile, maka L-dagang bisa menggunakan baik
peralatan mobile maupun komputer jenis desktop.
Salah satu contoh yang sering dijumpai dalam L-dagang adalah pencarian informasi mengenai
letak restoran yang terdekat dengan tempat pengguna Internet tersebut berada. Contoh lain
dari L-dagang adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat
perusahaan UPS atau Federal Express di Amerika Serikat.



f. PERAN TIK DALAM BIDANG PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN



Peranannya adalah:
1. Meningkatkan parawisata dan kebudayaan suatu daerah
2. Mempromosikan parawisata dan kebudayaan ke manca Negara

3. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pariwisata
4. meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik;
5. meningkatnya diversifikasi produk wisata yang kompetitif
Contohnya adalah:
Dalam mempromosikan dan meningkatkan pariwisata dan kebudayaan daerah saat ini dapat
menggunakan internet. Yaitu dengan membuat blog, web dan youtube yang berisikan tempattempat wisata yang menojolkan kebudayaan daerah.
Internet tidak semata-mata hanya merupakan temuan teknologi belaka, tetapi juga merupakan
guru untuk mendidik manusia menemukan berbagai informasi (termasuk informasi pariwisata)
yang diinginkannya, sehingga membuat hidup jauh lebih mudah ( to make life much easier) .
Wisatawan kini tidak sabar menunggu informasi yang biasanya diberikan melalui biro jasa
perjalanan ataupun organisasi lainnya. Mereka lebih senang mencari sendiri apa yang ada di
benaknya sehingga mampu meyakinkan bahwa produk yang dipilihnya adalah yang terbaik



g. PERAN TIK DALAM BIDANG POLITIK



Peranan TIK dalam politik terutama dalam pemungutan suara contohnya adalah pemugutan
suara yang dikenal dengan istilah E-Voting, Teknologi pemungutan suara elektronik (e
Voting) dapat mencakup kartu punch , scan optik sistem voting dan kios suara khusus

(termasuk mandiri langsung merekam sistem voting elektronik , atau DRE). Hal ini juga dapat
melibatkan transmisi suara dan suara melalui telepon, swasta jaringan komputer , atau
internet.
Peranan-peranan E-voting adalah:
1. Memudahkan dalam proses pemungutan suara
2. Mempercepat dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan suara
3. Memberikan peningkatan aksesibilitas bagi para pemilih cacat.
4. Dapat memfasilitasi kecurangan dalam pemilu .



h. PERAN TIK DALAM BIDANG KESEHATAN



Peranannya adalah:
1. memudahkan dalam pencarian data-data pasien
2. meningkatkan komunikasi antara dokter, perawat Dan Para medis lainnya

3. menggantikan fungsi manusia dalam hal pekerjaan yang rumit dan sulit
Contohnya adalah
1. Dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk
mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu
tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
2. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan
komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh
pasien.



i. PERAN TIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN



Penerapan TIK pada bidang pendidikan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan
teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai
kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat

komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau
lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar
mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh
hasil yang lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses materi
pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan guru atau dengan
siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja
bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.



Terdapat 6 peranan TIK dalam bidang pendidikan, antara lain :



1. TIK sebagai skill dan kompetensi
Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan
masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.




2. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran
• Tersedianya bahan ajar dalam format digital
• The network is the school

• Belajar dimana saja dan kapan saja



3. TIK sebagai sumber bahan belajar
• Ilmu berkembang dengan cepat
• Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia

• Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
• Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
• Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date memerlukan waktu yang lama



4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
• Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
• Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat

penyerapan bahan ajar
• Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
• Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
• Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas



5. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
• Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
• Transaksi dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office

yang kuat
• Kualitas layanan pada pengecekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
• Orang merupakan sumber daya yang bernilai



6. TIK sebagai sistem pendukung keputusan
• Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
• Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu

• Profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah.



Contoh Peran TIK dalam bidang pendidikan adalah:
1. Internet(web, blog dan youtube) berbasis pendidikan yang berisikan materi materi

pendidikan
2. Adanya telephone, computer, LCD, proyektor, televisi, radio.
Continue Reading...

Perangkat Lunak Komputer




Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan

interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak,
menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar /
on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32
bit).



Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan,

transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di
kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan
untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup
membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang
seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi
suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan
melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.



1. JENIS PERANGKAT LUNAK




1. Sistem Operasi

2. Perangkat Lunak Bahasa
3. Program Aplikasi



Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat

lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :



1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan

arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN



2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama

kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan,
mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran
ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB
OS/2, Apple’s System



3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu,

misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket
yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk(partisi, defrag), contoh Utilty
adalah Norton Utility.
Berikut penjelasan lebih lengkapnya:



A. SISTEM OPERASI




Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar seperti :

• Mengatur Media Input
• Proses
• Output
• Mengatur Memory
• Penjadwalan Proses
PC DOS
MS DOS
MICROSOFT WINDOWS
LINUX
UNIX
MACINTOSH
FREE BSD
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada
PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC
Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga
secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang
bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open
source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau
di modifikasi oleh setiap orang.
Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang
pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara tunjuk
(pointer) dengan tampilan grafis.


perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini


B. PERANGKAT LUNAK BAHASA




Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam

bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.merupakan perangkat lunak
yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam
format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC,
COBOL, Pascal, C++, FORTRAN



1) MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA




A. Bahasa Tingkat Rendah




Merupakan Bahasa yang digunakan oleh komputer itu sendiri

• ASSEMBLY LANGUAGE
• RPG ( Repeat Program General )



B. Bahasa Tingkat Menengah




Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa seharihari.

• Program Fortran (Formula Transator)


C. Bahasa Tingkat Tinggi


Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan


bahasa sehari-hari

• Basic
• Cobol
• Pascal



C. Program Aplikasi (Aplication Program)




Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan

tertentu.
1) Word Processing(Pengolah Kata)
2) Program database
3) Program Spreadsheet
4) Program CAD( Computer Aided Design)
5) Program Layout Artikel (Publisher)
6) Aplikasi multimedia



a. Word Processing




Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text

• Wordstar Profesional
• Word Perfect
• Chiwriter
• Microsoft Word
• Word Star



b. Program Database




Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta

mengelola DATABASE
• Ms.Acces
• SQL Server
• MySql
• Oracle



c. Program SpreadSheet




Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan,

pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
• Lotus 123
• Ms.Excel
• Quatro
• Supercheck



d. Program CAD (Computer Aided Design)




Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis)

• Auto Cad
• Pro Design
• Corel Draw
• Adobe Photoshop



e. Program Layout Artikel




Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak

obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik
• Page Maker
• Ventura
• Harvard Publisher
• Newmaster



f. Aplikasi Multimedia




Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan multimedia kerana

selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang
lain yaitu gambar, suara dan film.
Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang digunakan. Aplikasi
Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat, yang
hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.
Format-format digital multimedia di antaranya:



1. MIDI (Musical Instrument) Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan

pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg.
Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di

hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer(penghasil
suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat
musik.



2. MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument,

MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3
akan erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk
merekam musik adalah standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas
terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).



3. MPEG (Moving Picture Expert Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari

berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.



4. AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindahpindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint




5. Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis

Intel maupun



6. Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih

baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula
besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.


D. Fungsi Perangkat Lunak (Software)


Merupakan program yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer

untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga
ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
Continue Reading...

KAMPUS

IT